Dr. Ir. Yurdi Yasmi, MSc.

REVIEWER

Dr. Ir. Yurdi Yasmi, MSc.

REVIEWER

Biography

Dr. Ir. Yurdi Yasmi, MSc. adalah satu dari dua orang Indonesia yang bekerja sebagai staff professional FAO, lembaga pangan dan pertanian dunia dibawah naungan Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB). Dia direkut oleh kantor pusat FAO yang bermarkas di Roma dan ditugaskan untuk membantu negara-negara di kawasan Asia dan Pasifik membenahi kebijakan sektor kehutanan dan lingkungan. Ia berkantor di kantor regional PBB untuk kawasan Asia-Pacific di Bangkok. Pria 41 tahun yang hobinya travelling ini menguasai Bahasa Inggris, Spanyol, Belanda dan Thailand dan dan sudah mengunjungi hampir 40 negara di empat benua. Sebelum meniti karir di PBB, anak desa dari Tanjung Jati, Payakumbuh ini sudah bekerja di lembaga- lembaga internasional terkemuka di bidang kehutanan. Dr. Yurdi menjadi Koordinator untuk Program Humidtropics Kawasan Mekong di World Agroforestry Center (ICRAF) dan berkantor di Hanoi. Mendapatkan gelar doctor dari Universitas Wageningen di negeri Belanda di usia 32 tahun, dia juga merupakan Direktur termuda Riset dan Pengembangan dalam sejarah RECOFTC – the Center for People and Forest, yg bermarkas di Bangkok. Dia juga merupakan satu-satunya orang Indonesia yang pernah menjadi Direktur di kantor pusat RECOFTC tersebut dengan tugas meliputi kawasan Asia and Afrika.

Dr. Yurdi dan keluarganya menetap di Belanda hampir tujuh tahun dari tahun 2000-2007, dimana dia menyelesaian study S2 dengan predikat cum laude dan salah satu lulusan tercepat S3 di Belanda. Ia bekerja sebagai peneliti di kampusnya di Belanda dan menjadi koordinator untuk mata kuliah penangan konflik kehutanan dunia serta membimbing mahasiswa pasca sarjana dari berbagai negara. Pria dengan segudang prestasi ini merupakan Mahasiswa Teladan ranking 2 se-Indonesia pada tahan 1997 semasa masih kuliah di IPB dan berkesempatan menghadiri upacara peringatan hari kemerdekaan RI di Istana Negara. Selepas dari IPB dia langsung mendapat beberapa tawaran pekerjaan dan memilih bekerja di lembaga riset kehutanan internasional CIFOR. Ia bekerja di sana selama 7 tahun dan disitulah karir internasionalnya mulai berkembang pesat. Sampai saat ini dia sudah menerbitkan lebih dari 70 karya ilmiah di jurnal-jurnal internasional terkemuka. Dia aktif dalam pertemuan-pertemuan tingkat tinggi di bidang kehutanan dan lingkuangan. Dia menjadi dosen tamu di beberapa universitas di Jerman, Belanda, Thailand, China, Laos, Filipina, Vietnam dan Indonesia. Beberapa tahun terakhir dia juga menjadi penguji untuk mahasiswa S3 di almamaternya Wageningen University. Semasa masih di kampung halamannya di Payakumbuh, saat SMP (1989) dia menajadi siswa teladan Sumbar untuk tingkat nasional. Saat itu di usianya yang masih 15 tahun ia berkesempatan ke Istana Negara dalam peringatan hari kemerdekaan RI. Sewaktu SMA (1992) dia terpilih menajadi siswa pertukaran pelajar melalui program AFS (American Field Service) dan tinggal di Sydney, Australia selama 1 tahun.

Di tingkat internasional kiprah beliau di bidang kehutanan dan lingkungan sangat luar biasa. Beliau dipercaya untuk tugas-tugas penting berkaitan dengan kehutanan dunia seperti:

  • Penasehat utama untuk IUFRO (International Union International Union of Forest Research Organizations), Vienna Austria
  • Tenaga ahli untuk Program Investasi Kehutanan Dunia di Bank Dunia, Washington DC
  • Tenaga ahli di ITTO (International Tropical Timber Organization), Yokohama, Japan
  • Kepala divisi IUFRO untuk Kebijakan Kehutanan Negara-Negara Berkembang
  • Tenaga ahli dan presenter di International Model Forests

Prestasi-prestasi dan pengalaman organisasi beliau cukup luas, diantaranya:

  • Key player untuk cluster pengembangan wilayah dan lingkungan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (1-4)
  • Diaspora Indonesia
  • Ketua PPI Belanda (2004-2005)
  • Mahasiswa teladan ranking ke-dua thn 1997
  • Siswa pertukaran pelajar AFS Program ke Australia 1991-1992
  • Siswa teladan SMP thn 1989, mewakili Proponsi Sumatra Barat
  • Direktur ASEAN Forestry Student Association (AFSA), 1995-1996
  • Selalu ranking satu sejak SD sampai SMA
  • 42 Publikasi (Researchgate.net) dengan Impact Points 20.70